Cara Klaim

Untuk kemudahan dan kenyamanan Anda, Futuready siap membantu proses klaim asuransi Anda. Silahkan kirim informasi berikut ke email klaim@futuready.com

  • Nomor Polis
  • Tanggal lahir pemegang polis
  • Nama Lengkap pemegang polis

Gunakan Klaim[spasi]Nomor Polis di kolom subject email, lalu kirim ke klaim@futuready.com. Setelah email Anda kami terima, proses selanjutnya akan dibantu oleh Tim Futuready.

Untuk memahami tahapan-tahapan serta proses klaim asuransi, silahkan simak langkah-langkah berikut ;

  1. Segera Hubungi dan Kirimkan Permintaan Klaim ke Futuready

    Anda bisa menggunakan layanan call service Halo Futuready di (021) 21 884 918 atau kirim email ke klaim@futuready.com sesuai dengan informasi di atas.

  2. Klaim Diterima Oleh Futuready dan Akan Dilanjutkan ke Perusahaan Asuransi

    Setelah mendapatkan laporan langsung dari Anda, Futuready segera mengecek dan mengumpulkan seluruh data Anda yang sudah tersimpan aman di dalam sistem Futuready. Semua proses pelaporan pada tahap ini akan dibantu oleh Futuready.

    Berdasarkan laporan Anda, Futuready akan memberikan pemberitahuan kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Untuk seterusnya Futuready akan menghubungi perusahaan asuransi tersebut dan mendaftarkan pengajuan klaim asuransi Anda kepada perusahaan asuransi.

    Anda tak perlu repot dan menghabiskan waktu berharga Anda, bukan? Semua akan kami bantu!

  3. Kumpulkan Semua Dokumen yang Diperlukan
    Karena klaim asuransi tidak bisa diajukan secara sembarangan. Mohon untuk mengumpulkan dan melengkapi dokumen - dokumen pendukung yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter yang menangani agar proses klaim Anda lebih mudah, seperti;

    • Kuitansi
    • Rekam Medis
    • Resep Obat
    • dll (Dokumen apapun yang dapat membantu Anda, yang dikeluarkan oleh pihak rumah sakit atau dokter )

    Anda harus teliti dan lengkap menyertakan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan untuk melakukan klaim asuransi.

    Selanjutnya Anda bisa kirimkan dokumen - dokumen pendukung tersebut ke email klaim@futuready.com.

    Apabila Anda mengalami kesulitan, silahkan berkonsultasi dengan Futuready. Kami siap membantu Anda.

  4. Futuready Akan Menindaklanjuti Perkembangan Pengajuan Klaim Asuransi Anda Ke Perusahaan Asuransi

    Futuready secara kontinu akan berkomunikasi dengan perusahaan asuransi mengenai perkembangan status pengajuan klaim asuransi Anda. Proses tindak lanjut ini akan Futuready lakukan kepada perusahaan asuransi Anda hingga status pengajuan klaim asuransi disetujui atau ditolak oleh perusahaan asuransi.

  5. Klaim atau Santunan Diberikan

    Apabila tidak ada kondisi yang memberatkan, maka umumnya pihak perusahaan asuransi akan mengabulkan permohonan klaim asuransi yang Anda ajukan.

    Kesepakatan penggantian yang akan diberikan tentu saja bersumber dari polis asuransi Anda. Setelah langkah ini beres, Anda hanya tinggal menunggu uang penggantian cair dan diberikan kepada Anda selaku pemilik polis. Perusahaan asuransi akan membayarkan pertanggungan langsung kepada Anda dan mentransfer langsung uang penggantian yang menjadi hak Anda ke rekening pribadi Anda.

    Bila pengajuan klaim yang Anda lakukan adalah untuk kendaraan Anda, maka Futuready akan membantu hingga Anda mendapatkan pencairan uang, akses untuk perbaikan, atau penggantian kendaraan tertanggung.

Jika Anda membutuhkan bantuan, silahkan email ke cs@futuready.com atau hubungi nomor telepon berikut 021-2188 4918 (09:00 - 18:00 WIB).


Apa itu Klaim Asuransi

Perlu Anda ketahui, klaim asuransi adalah permintaan resmi yang ditujukan kepada perusahaan asuransi terkait perlindungan finansial atau ganti rugi dari pihak tertanggung sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati antara tertanggung dengan perusahaan penyedia jasa asuransi.

Dalam artian, perlindungan finansial atau ganti rugi dari pihak tertanggung yang diberikan oleh perusahaan asuransi sesungguhnya telah diatur dalam polis asuransi yang mereka miliki. Baru kemudian, klaim asuransi yang diajukan akan ditinjau oleh perusahaan untuk validitasnya dan kemudian dibayarkan kepada pihak tertanggung setelah disetujui.

Bagaimana pun, perlu Anda pahami dengan baik adalah bahwa klaim asuransi mungkin diterima atau ditolak oleh perusahaan asuransi. Nah, di saat inilah perusahaan asuransi harus menilai situasinya dan mempelajari klaim asuransi sebelum membuat keputusan.

Sampai di sini, Anda sudah tahu apa itu sebenarnya klaim asuransi. Lalu, kenapa selama ini banyak sekali pengajuan klaim asuransi yang berakhir ditolak oleh para perusahaan asuransi?

Mengapa Klaim Asuransi Ditolak

Kalau mau dideretkan, A-Z banyak sekali alasan yang menyebabkan pengajuan klaim asuransi akhirnya ditolak. Dari survei yang dilakukan oleh Futuready, di bawah ini Anda bisa cermati berbagai alasan klaim asuransi ditolak. Pelajari juga berbagai tipnya, agar Anda tidak mengalami penolakan klaim asuransi nantinya. Yuk, simak!

  1. Tidak Mengisi Formulir Klaim Asuransi Secara Lengkap

    38% atau 19 dari 50 orang tidak mengisi formulir klaim asuransi secara lengkap.

    Tip: Isi formulir klaim asuransi dengan lengkap. Setelahnya, Anda harus mengecek kembali data pada formulir klaim asuransi apakah sudah sesuai dengan data-data pribadi yang Anda isi di awal saat pendaftaran asuransi.

  2. Tidak Melampirkan Dokumen Secara Lengkap

    30% atau 15 dari 50 orang tidak melampirkan dokumen secara lengkap.

    Tip: Cek, cek, dan cek kembali dokumen kelengkapan yang dibutuhkan sesuai yang tertera pada formulir klaim asuransi dan polis.

  3. Mengajukan Klaim Asuransi Melewati Batas Waktu yang Ditentukan

    30% atau 15 dari 50 orang tidak melampirkan dokumen secara lengkap.

    Tip: Cek, cek, dan cek kembali dokumen kelengkapan yang dibutuhkan sesuai yang tertera pada formulir klaim asuransi dan polis.

  4. Mengajukan Klaim Asuransi yang Tidak Termasuk dalam Polis

    22% atau 11 dari 50 orang mengajukan klaim yang tidak termasuk dalam polis. Ini yang sering terlewat, tidak semua hal bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Semua risiko-risiko yang ditanggung oleh polis yang Anda miliki tercatat jelas di polis asuransi Anda.

    Tip: Cek kembali pengecualian-pengecualian yang tidak termasuk dalam tanggungan asuransi pada syarat dan ketentuan dalam polis.

  5. Mengajukan Klaim Asuransi Pada Saat Masa Tunggu

    2% atau 1 dari 50 orang mengajukan klaim pada saat masa tunggu. Masa tunggu adalah suatu periode tertentu ketika asuransi Anda belum ditanggung oleh perusahaan asuransi setelah polis diterbitkan.

    Tip: Cek polis asuransi dan perhatikan masa tunggu asuransi Anda.